KLASIFIKASI ASFIKSIA NEONATORUM PDF


Faktor fetus 4. Faktor neonatus. Klasifikasi Asfiksia Ringan (vigorus baby) Skor APGAR , bayi dianggap sehat dan tidak memerlukan tindakan istimewa. BAB II Gz Muktahir · Klasifikasi Asfiksia Neonatorum · Anexo E – Requerimientos de SSA – HOOK UP · ASKEP ASFIKSIA NEONATORUMA. PENGERTIAN Asfiksia Neonatus adalah suatu keadaan bayi baru lahir yang tidak segera bernafas secara spont.

Author: Kazigis Muzil
Country: Fiji
Language: English (Spanish)
Genre: Relationship
Published (Last): 20 December 2007
Pages: 15
PDF File Size: 4.56 Mb
ePub File Size: 14.43 Mb
ISBN: 721-9-16202-183-2
Downloads: 50517
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Daramar

Pasien belum mendapat ASI segera setelah lahir. Pneumonia dan septikemi merupakan bentuk manifestasi yang banyak.

Produk sampingan proses tersebut asam laktat dan piruvat menimbulkan peningkatan asam organik tubuh yang berakibat menurunnya pH darah sehingga terjadilah asidosis metabolik. Imaturitas hati Konjugasi dan ekskresi bilirubin terganggu Defisiensi faktor pembekuan yang bergantung pada vitamin K5.

Ibu pernah disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG di Mataram karena ada kemungkinan bayi besar, namun pemeriksaan tidak dilakukan dengan alasan saat itu ibu menderita anemia dan tidak boleh bepergian jauh.

Faktor lain adalah jenis kolonisasi bakteri pada ibu hamil-pun berbeda di setiap negara. Radiasi, kehilangan panas yang terjadi karena bayi ditempatkan di dekat benda-benda yang mempunyai suhu lebih rendah dari suhu tubuh bayi.

Berikut ini akan dibahas sebagian dari faktor-faktor yang telah disebut diatas. Bayi yang tidak bisa menyusu harus diberi ASI perah dengan cangkir atau sendok.

NICU Timur – BBLR & Asfiksia

Tidak ada tes yang cepat dan terpercaya untuk konfirmasi dari diagnosis etiologi. Secara singkat dapat dikemukakan sebagai berikut: Banyak kemajuan dari bukan metoda kultur,seperti teknologi dari polymerase chain reaction I PCR ,memberi janji dalam mendiagnosa infeksi.

Sepsis neonatorum, sepsis neonatus asffiksia septikemia neonatus merupakan istilah yang telah digunakan untuk menggambarkan respons sistemik terhadap infeksi pada bayi baru lahir.

Asfiksia neonatus adalah suatu keadaan bayi baru lahir yang tidak segera bernafas secara spontan dan teratur setelah dilahirkan. Kebanyakan neonatus dengan early onset infeksi menunjukkan gejala distres pernafasan yang sulit dibedakan dengan bentuk HMD, pneumonia, atau penyebab lain dari kesulitan bernafas,dengan penampilan seperti sianosis, dispneu, takipneu, apnea, retraksi epigastrium, dan intercostal.

  LAZYCAM TUTORIAL PDF

Dibangsal perawatan bayi baru lahir seringkali infeksi berasal dari orang dewasa,termasuk ibu,perawat atau keluarga lain yang berkunjung. Agar pernapasan dapat berlangsung dengan normal, diperlukan beberapa factor, yaitu: Fungsi dari respirasi adalah menjamin tersedianya O 2 untuk kelangsungan metabolisme sel-sel tubuh serta mengeluarkan CO 2 hasil metabolisme sel secara terus-menerus.

Pemaparan terhadap patogen saat persalinan dan dalam ruang perawatan atau di masyarakat merupakan mekanisme infeksi setelah lahir. Pemberian antibiotik profilaksis untuk bayi-bayi asimtomatis yang diduga beresiko tinggi terjadi sepsis oleh Grup B Streptococcus masih kontroversial. Faring dibagi menjadi tiga region ; dibelakang hidung nasofaringbelakang asfilsia orofaringdan belakang laring laringofaring. Jika target pemberian minum dapat dicapai dalam hari pertama, tetesan IV dapat ilepas untuk menghindari infeksi.

Bayi Kurang BulanBayi dilahirkan dengan masa gestasi d. Kafein lebih dipilih jika tersedia. Diposting oleh Makalah Referat Kedokteran di Mesko sarana kontrasepsi ini tak selengkapnya menyerkup kulit ruangan genital.

Bradikardi, pallor, penurunan perfusi, hipotensi. Pemeriksaan laboratorium pada bayi-bayi sepsis sebagai berikut: Perawatan di bangsal bayi.

asfiksia kel.3 gadar

Kulit pasien nampak kemerahan, namun ujung-ujung tangan dan kaki terlihat kebiruan. Tes laboratorium yang mendukung dalam membuat anamnesis. Hal ini disebabkan karena perbedaan fasilitas pelayanan kesehatan, budaya setempat termasuk sexual-practices, pelayanan perawatan, dan pola penggunaan antibiotik. Bronchus kiri lebih panjang dan lebih sempit, merupakan kelanjutan dari trakhea dengan sudut yang lebih tajam. Etiologi terjadinya sepsis pada neonatus asfikssia dari bakteri.

Faktor resiko dari sepsis neonatus terdiri faktor pejamu, sosio-ekonomi, riwayat persalinan, perawatan bayi baru lahir, dan kesehatan serta keadaan gizi ibu, merupakan faktor-faktor resiko terpenting pada sepsis neonatal. Infeksi stafilokokus biasanya dihubungkan dengan transmisi dari orang dewasa,sedangkan penularan dari alat dan cairan menyebabkan infeksi spesies Proteus, Klebsiella, Serratia marcescans, Pseudomonas, dan Flavobacterium.

Konsep Gadar konsep gadarFull description. Neonatofum fisiologi respirasi dibagi menjadi tiga stadium, yaitu: Apabila bayi mendapat ASI, pastikan bayi menerima jumlah yang cukup dengan cara apapun, perhatikan cara pemberian ASI dan nilai kemampuan bayi klasirikasi paling kurang sehari sekali.

  KRAUTHEIMER ARQUITECTURA PALEOCRISTIANA Y BIZANTINA PDF

Makalah Referat Kedokteran: Sepsis Neonatorum

Lanjutkan dengan tindakan resusitasi mengikuti tahapan-tahapan yang dikenal dengan ABC resusitasi: Pada asfiksia berat ini denyut jantung, tekanan darah dan kadar oksigen dalam darah terus menurun. Transmisi melalui droplet merupakan sumber infeksi terbanyak, baik berasal dari orang dewasa maupun dari bayi lahir.

Prematuritas merupakan faktor resiko baik pada sepsis awal maupun lanjut.

Faktor resiko host meliputi jenis kelamin laki-laki, cacat imun didapat klsifikasi kongenital, galaktosemia Escherichia coli pemberian preparat besi intramuskuler E. Komponen dari skrining sepsis adalah: Jika gagal, lakukan resusitasi dengan balon dan sungkup. Kerentanan bayi baru lahir terhadap terjadinya sepsis diduga disebabkan oleh karena sistem imunologi baik humoral maupun selular yang masih imatur.

Beri oksigen melalui nasal prongs atau kateter nasal jika bayi muda mengalami sianosis atau distres pernapasan berat.

Sepsis neonatal yang berat terjadi jika bakteri menginvasi melalui intravaskular dan adanya kegagalan dari tuan rumah untuk mengeliminasi mikroorganisme patogen. Faktor plasenta Pertukaran gas antara ibu dan janin dipengaruhi oleh luas dan kondisi plasenta, asfiksia janin dapat terjadi bila terdapat gangguan mendadak asfikia plasenta, misalnya perdarahan plasenta, solusio plasenta dsb.

NICU Timur – BBLR & Asfiksia

Pertahankan suhu inti tubuh sekitar Setelah bayi tumbuh, hitung kembali volume minum berdasarkan berat badan terakhir. BBLR harus diberi semua vaksin yang dijadwalkan pada saat lahir dan jika ada dosis kedua pada saat akan dipulangkan.

Walaupun jarang terjadi,terhisapnya cairan amnion yang terinfeksi dapat menyebabkan pneumonia asfikksia sepsis dalam rahim, ditandai dengan distres janin atau asfiksia neonatus.